Selasa, 18 Desember 2018

GRAPHICAL USER INTERFACE 1

LAPORAN BP 1
Modul VII

“GRAPHICAL USER INTERFACE (1)”





Di susun Oleh :


Nama: Agus Ihsan Mochammad Dahlan
NIM: 20170910062
Kelas : SI 2017 A


FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017

Jalan Cut Nyak Dhien No 36 A. Kel. Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia






Kata Pengantar

Alhamdulillah , puji syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT. atas rahmatnya lah saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
saya menyadari bahwa makalah ini memang belum mencapai kesempurnaan, masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus di perbaiki. untuk itu saya sebagai penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar dapat memperbaiki dalam penulisan makalah yang saya buat selanjutnya. akhirnya saya sebagai penyusun berharap, semoga makalah yang saya buat dapat menambah wawasan kepada saya pada khususnya dan kepada para pembaca.




DAFTAR ISI

 KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pemahaman GUI
B. Pemahaman JAVA
C. Fungsi GUI
D. Java GUI
E. Post Test
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Daftar Pustaka

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Java merupakan sebuah bahasa pemrograman architecture neutral, portable, high-performance, multithreaded, dan dynamic language.program dalam bahasa Java dirakit (compiled) menjadi sebuah berkas byte-code. Berkas byte-code inilah yang dijalankan (interpreted) oleh sebuah virtual machine, yang disebut Java Virtual Machine (JVM).Java dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi.suatu bahasa pemrograman teknologi di dunia software komputer, yang merupakan suatu bahasa pemrograman platform. Sebagai bahasa pemrograman.Java mudah dipelajari, terutama bagi programmer yang telah mengenal C/C++. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang merupakan paradigma pemrograman masa depan. Sebagai bahasa pemrograman Java dirancang menjadi handal dan aman. Java juga dirancang agar dapat dijalankan di semua platform. Dan juga dirancang untuk menghasilkan aplikasi – aplikasi dengan performansi yang terbaik.

Sbelum bernama JAVA sebelumnya adalah bernama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Projec dari awal tahun 1991-1992 yang dibuat oleh beberapa ilmuan dan menghasilkan java Oka perama sebelum proyek ini ditutup.kemudian dari sebuah perusahan kembali.

B. Rumusan Masalah
1. Pemahaman GUI
2. Pemahaman Java
3. Fungsi GUI
4. Java GUI

C. Tujuan

    Mengetahui tentang Java GUI, paham dan bisa mengaplikasikannya serta mendapat pengetahuan tentang Fungsi GUI dan Java GUI.


BAB II
PEMBAHASAN


A. Pemahaman GUI
       GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Pengguna GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows.

       Nah, GUI atau Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface). Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Hal ini termasuk untuk GUI sistem pengenal suara,GUI ini diperlukan agar orang awam mudah dalam mempelajari dan menggunakan sistem tersebut. Untuk lebih kenal dekat dengan GUI, anda dapat perhatikan pada komputer masing-masing yang mana telah dibalut oleh GUI. Contoh saja Sistem Operasi Windows anda atau pun Linux, memiliki tampilan yang disesuaikan dengan cara penggunaan sistem. Berikut ini salah satu sreenshoot dari Sistem Operasi Windows 7 yang juga dibangun dari komponen GUI.

B. Pemahaman Java
        JAVA merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dijalankan di berbagai komputer dan pada handphone. Java pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems yang menjelaskan bahwa bahasa java dapat digambarkan sebagai a simple, object-oriented, distributed, interpreted, robust, secure, architecture neutral, portable, high-performance, multithreaded, dan dynamic language. Sebuah program dalam bahasa java dirakit ( compiled ) menjadi sebuah berkas byte-code.

Beberapa kelebihan java sebagai berikut :
        Multiplatform yaitu java dapat dijalankan di beberapa platform/ system operasi computer secara bersamaan. Contohnya: Sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik diatas Microsoft Windows.
        OOP ( Object Oriented Programming ) yaitu java sebagai salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni, sehingga memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis java secara cepat, tepat, mudah, dan terorganisir.
        Java memiliki kelengkapan library/ perpustakaan yang memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.

Beberapa versi-versi java :
java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
Jadi JAVA GUI merupakan sebuah bahasa pemrograman dengan basic GUI(Grapichal User Interface) yang memiliki kompatibilitas yang tinggi terhadap operating system yang ada.

C. Fungsi GUI
       Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
(5). Pembuatan website
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.

D. Java GUI
              JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user. Banyak sudah aplikasi yang telah Java kembangankan dengan menggunakan GUI sebagai nilai penggunaan dan nilai jual. Software perangkat lunak dan keras juga termasuk di dalamnya. Java GUI adalah program pengembangan suatu user interface dengan mengetengahkan graphic sebagai penghubung user dengan sistem, sehingga mudah dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.

E. Post Test

Buatlah program kalkulator 


Script protgramnya :

package modul_7;

import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
import java.text.DecimalFormat;

public class Modul_7 extends JFrame implements ActionListener {
    JLabel label1 = new JLabel();
    JLabel label2 = new JLabel();
    JLabel label3 = new JLabel();
   
    JTextArea text1 = new JTextArea();
   
    JButton button1 = new JButton();
    JButton button2 = new JButton();
    JButton button3 = new JButton();
    JButton button4 = new JButton();
    JButton button5 = new JButton();
    JButton button6 = new JButton();
    JButton button7 = new JButton();
    JButton button8 = new JButton();
    JButton button9 = new JButton();
    JButton button0 = new JButton();
   
    JButton buttonMC = new JButton();
    JButton buttonMR = new JButton();
    JButton buttonMS = new JButton();
    JButton buttonMplus = new JButton();
    JButton buttonMmin = new JButton();
    JButton buttonbs = new JButton();
    JButton buttonCE = new JButton();
    JButton buttonC = new JButton();
    JButton buttonPM = new JButton();
    JButton buttonakar = new JButton();
   
    JButton buttonBagi = new JButton();
    JButton buttonPersen = new JButton();
    JButton buttonKali = new JButton();
    JButton button1x = new JButton();
    JButton buttonKurang = new JButton();
    JButton buttonTambah = new JButton();
    JButton buttonSamadengan = new JButton();
    JButton buttonKoma = new JButton();
   
    DecimalFormat koma = new DecimalFormat("#.##");
    double angkapertama, angkakedua,hasil,n ;
    int tambah=0,kurang=0,bagi=0,kali=0, persen=0, akar=0;
    public void CiptakanJFrame(){
        setLayout(null);
        setTitle("Calculator");
        setVisible(true);
        setSize(365,310);
       
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setResizable(false);
        setLocationRelativeTo(null);
    }
    
   public void CiptakanJLabel(){
        label1.setText("View");
        label1.setBounds(10, 10, 40, 20);
        add(label1);
       
        label2.setText("Edit");
        label2.setBounds(50, 10, 40, 20);
        add(label2);
       
        label3.setText("Help");
        label3.setBounds(90, 10, 250, 20);
        add(label3);
    }
   
    public void CiptakanJTextField(){
        text1.setBounds(10, 40, 340, 50);
        add(text1);
       
    }
    public void CiptakanJButton(){
        buttonMC.setText(" MC ");
        buttonMC.setBounds(10, 100, 60, 20);
        buttonMC.addActionListener(this);
        add(buttonMC);
       
        buttonMR.setText(" MR ");
        buttonMR.setBounds(80, 100, 60, 20);
        buttonMR.addActionListener(this);
        add(buttonMR);
       
        buttonMS.setText(" MS ");
        buttonMS.setBounds(150, 100, 60, 20);
        buttonMS.addActionListener(this);
        add(buttonMS);
       
        buttonMplus.setText(" M+ ");
        buttonMplus.setBounds(220, 100, 60, 20);
        buttonMplus.addActionListener(this);
        add(buttonMplus);
       
        buttonMmin.setText(" M- ");
        buttonMmin.setBounds(290, 100, 60, 20);
        buttonMmin.addActionListener(this);
        add(buttonMmin);
       
        buttonbs.setText(" ← ");
        buttonbs.setBounds(10, 130, 60, 20);
        buttonbs.addActionListener(this);
        add(buttonbs);
       
        buttonCE.setText(" CE ");
        buttonCE.setBounds(80, 130, 60, 20);
        buttonCE.addActionListener(this);
        add(buttonCE);
       
        buttonC.setText(" C ");
        buttonC.setBounds(150, 130, 60, 20);
        buttonC.addActionListener(this);
        add(buttonC);
       
        buttonPM.setText(" ± ");
        buttonPM.setBounds(220, 130, 60, 20);
        buttonPM.addActionListener(this);
        add(buttonPM);
        
                buttonakar.setText(" √ ");
        buttonakar.setBounds(290, 130, 60, 20);
        buttonakar.addActionListener(this);
        add(buttonakar);
       
        button7.setText(" 7 ");
        button7.setBounds(10, 160, 60, 20);
        button7.addActionListener(this);
        add(button7);
       
        button8.setText(" 8 ");
        button8.setBounds(80, 160, 60, 20);
        button8.addActionListener(this);
        add(button8);
       
        button9.setText(" 9 ");
        button9.setBounds(150, 160, 60, 20);
        button9.addActionListener(this);
        add(button9);
       
        buttonBagi.setText(" / ");
        buttonBagi.setBounds(220, 160, 60, 20);
        buttonBagi.addActionListener(this);
        add(buttonBagi);
       
        buttonPersen.setText(" % ");
        buttonPersen.setBounds(290, 160, 60, 20);
        buttonPersen.addActionListener(this);
        add(buttonPersen);
       
        button4.setText(" 4 ");
        button4.setBounds(10, 190, 60, 20);
        button4.addActionListener(this);
        add(button4);
       
        button5.setText(" 5 ");
        button5.setBounds(80, 190, 60, 20);
        button5.addActionListener(this);
        add(button5);
       
        button6.setText(" 6 ");
        button6.setBounds(150, 190, 60, 20);
        button6.addActionListener(this);
        add(button6);
       
        buttonKali.setText(" * ");
        buttonKali.setBounds(220, 190, 60, 20);
        buttonKali.addActionListener(this);
        add(buttonKali);

        button1x.setText(" 1/x ");
        button1x.setBounds(290, 190, 60, 20);
        button1x.addActionListener(this);
        add(button1x);
       
        button1.setText(" 1 ");
        button1.setBounds(10, 220, 60, 20);
        button1.addActionListener(this);
        add(button1);
       
        button2.setText(" 2 ");
        button2.setBounds(80, 220, 60, 20);
        button2.addActionListener(this);
        add(button2);
       
        button3.setText(" 3 ");
        button3.setBounds(150, 220, 60, 20);
        button3.addActionListener(this);
        add(button3);
       
        buttonKurang.setText(" - ");
        buttonKurang.setBounds(220, 220, 60, 20);
        buttonKurang.addActionListener(this);
        add(buttonKurang);
       
        buttonSamadengan.setText(" = ");
        buttonSamadengan.setBounds(290, 220, 60, 50);
        buttonSamadengan.addActionListener(this);
        add(buttonSamadengan);
       
        button0.setText(" 0 ");
        button0.setBounds(10, 250, 130, 20);
        button0.addActionListener(this);
        add(button0);
       
        buttonKoma.setText(" . ");
        buttonKoma.setBounds(150, 250, 60, 20);
        buttonKoma.addActionListener(this);
        add(buttonKoma);
       
        buttonTambah.setText(" + ");
        buttonTambah.setBounds(220, 250, 60, 20);
        buttonTambah.addActionListener(this);
        add(buttonTambah);
       
       
    }

       @Override
    public void actionPerformed(ActionEvent e) {
       Object source = e.getSource();
       if(source == button1){
           text1.append("1");
       }
       if(source == button2){
           text1.append("2");
       }
       if(source == button3){
           text1.append("3");
       }
       if(source == button4){
           text1.append("4");
       }
       if(source == button5){
           text1.append("5");
       }
       if(source == button6){
           text1.append("6");
       }
       if(source == button7){
           text1.append("7");
       }
       if(source == button8){
           text1.append("8");
       }
       if(source == button9){
           text1.append("9");
       }
       if(source == button0){
           text1.append("0");
       }

              if(source == buttonKoma){
           angkapertama = numberReader();
           String x = koma.format(angkapertama).replace(',','.') ;
            angkapertama = Float.parseFloat(x); 
           text1.setText(angkapertama+"");
           
        }
       if(source == buttonMS){
           angkapertama = numberReader();
           hasil = angkapertama;
           text1.setText(String.valueOf(hasil+""));
       }
       if(source == buttonTambah){
           angkapertama = numberReader();
           text1.setText("");
           tambah = 1;
           kali = 0;
           bagi = 0;
           kurang = 0;
           akar = 0;
       }
       if(source == buttonKali){
          angkapertama = numberReader();
           text1.setText("");
           tambah = 0;
           kali = 1;
           bagi = 0;
           kurang = 0;
           akar = 0;
             }
       if(source == buttonKurang){
           angkapertama = numberReader();
           text1.setText("");
           kurang = 1;
           tambah = 0;
           kali = 0;
           bagi = 0;
           akar = 0;
       }
       if(source == buttonBagi){
           angkapertama = numberReader();
           text1.setText("");
           bagi = 1;
           tambah = 0;
           kali = 0;
           kurang = 0;
           akar = 0;
       }
       if(source == buttonPersen){
           angkapertama = numberReader();
           hasil = angkapertama / 100;
           text1.setText(String.valueOf(hasil));
           persen = 1;
       }
       if(source == buttonakar){
           angkapertama = numberReader();
           text1.setText("");
           akar = 1;
           tambah = 0;
           kali = 0;
           bagi = 0;
           kurang = 0;
       }
       if(source == buttonPM){
           hasil = angkapertama - (angkapertama*2);
           
           text1.setText(String.valueOf(hasil));
       }
       if(source == buttonMC){
           angkapertama = 0.0;
           angkakedua = 0.0;
           hasil = 0.0;
           text1.setText("");
       }
       if(source == buttonCE){
           angkapertama = 0.0;
           text1.setText("");
       }
       if(source == buttonC){
           angkapertama = 0.0;
           angkakedua = 0.0;
           text1.setText("");
       }
       if(source == buttonMR){
           text1.setText(hasil+"");
       }
       if(source == buttonMplus){
           angkapertama = numberReader();
           hasil += angkapertama;
           text1.setText("");
       }
       if(source == buttonMmin){
           angkapertama = numberReader();
           hasil -= angkapertama;
           text1.setText("");
       }
       if(source == button1x){
           angkapertama = numberReader();
           hasil = 1 / angkapertama;
           text1.setText(String.valueOf(hasil));
       }
      
       if(source == buttonbs){
          String backspace = null;
           
            if(text1.getText().length() > 0){
               StringBuilder strB = new StringBuilder(text1.getText());
               strB.deleteCharAt(text1.getText().length() - 1);
               backspace = strB.toString();
               text1.setText(backspace);
            }
       }
       if(source == buttonSamadengan){
           if(tambah>0){
               angkakedua = numberReader();
               hasil = angkapertama + angkakedua;
             
               text1.setText(String.valueOf(hasil));

           }
           if(kurang>0){
               angkakedua = numberReader();
               hasil = angkapertama - angkakedua;
               
               text1.setText(String.valueOf(hasil));
          
           }
           if(kali>0){
               angkakedua = numberReader();
               hasil = angkapertama * angkakedua;
               text1.setText(hasil+"");
               text1.setText(String.valueOf(hasil));

           }
           if(bagi>0){
               angkakedua = numberReader();
               hasil = angkapertama / angkakedua;
               text1.setText(hasil+"");
               text1.setText(String.valueOf(hasil));

           }
           if(akar>0){ 
               hasil = Math.sqrt(angkapertama);
               text1.setText(String.valueOf(hasil));
           }
     }
    public double numberReader(){
        double angkaPertama;
        String n;
        n = text1.getText();
        angkaPertama = Double.valueOf(n);
        return angkaPertama;
    }
    public static void main (String[] args) {
        // TODO code application logic here
        Modul_7 f1 = new Modul_7();
        f1.CiptakanJFrame();
        f1.CiptakanJLabel();
        f1.CiptakanJTextField();
        f1.CiptakanJButton();
    }
   
}

Hasil Running 



       


PERCOBAAN




BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN



Jadi GUI sangat jelas kaitanya dengan kegiatan penggunaan suatu aplikasi dalam komputer yang sering digunakan. Dalam hal ini, GUI mempermudah user dalam penggunaannya, dengan tampilan yang friendly seta ergonomis, user dengan mudah dapat menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI membantu didalam interface yang dapat dipahami penggunaannya. Sehingga antara user dan sistem, tidak terjadi misscommuncation dalam menerapkan sistem komputerisasi.
          

                                                                 DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 2 Download file laporan moul 1-6 dibawah : DOWNLOAD DISINI @AgusIhsanMD