Selasa, 25 Desember 2018

DASAR JAVA GRAFIS

LAPORAN BP 1
Modul VIII

DASAR JAVA GRAFIS




Di susun Oleh :


Nama: Agus Ihsan Mochammad Dahlan
NIM: 20170910062
Kelas : SI 2017 A


FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017

Jalan Cut Nyak Dhien No 36 A. Kel. Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia






Kata Pengantar

Alhamdulillah , puji syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT. atas rahmatnya lah saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
saya menyadari bahwa makalah ini memang belum mencapai kesempurnaan, masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus di perbaiki. untuk itu saya sebagai penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar dapat memperbaiki dalam penulisan makalah yang saya buat selanjutnya. akhirnya saya sebagai penyusun berharap, semoga makalah yang saya buat dapat menambah wawasan kepada saya pada khususnya dan kepada para pembaca.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Grafis
B. Contoh Program
C. Post Test
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Daftar Pustaka

BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang
Bahasa pemrograma java tidak hanya di gunakan untuk membuat program berbasis text(text-base program) namun lebih dari itu java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk pemrograman grafis seperti games, aplikasi grafis, animasi dan lain – lain.

Rumusan Masalah
1. Apa desain grafis ?
2. Contoh desain grafis ?

Tujuan
Untuk mengetahui apa itu dasar java grafis dan juga agar mendapatkan ilmu dari pengetahuan tentang dasar java grafis.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Java Grafis
Java menyediakan library untuk grafis dan multithreading sebagai modal untuk pembuatan animasi. Dengan menggunakan library tersebut, ditambah sedikit interaksi input mouse, Anda bisa membuat game sederhana.
Hampir semua komponen grafis 2 dimensi Java terletak dalam package java.awt dan javax.swing. Bahkan untuk event dari mouse dan keyboard pun terletak dalam package java.awt.event. Sedangkan untuk threading, terletak pada package java.lang yang otomatis digunakan oleh seluruh program Java.

B. Contoh Program
Script Program :

package modul_9;

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class Modul_9 extends Jframe{
    public Modul_9(){ 
        setTitle(“Latihan Grafis”);
        setSize(500,500);
        setDefaultCloseOperation(Jframe.EXIT_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
    @Override
    public void paint(Graphics g){
        g.setColor(Color.RED);
        g.drawLine(100, 120, 350, 120);
    }
    public static void main(String[] args) {
        Modul_9 Modul_9 = new Modul_9 ();
    }
}
Hasil Running



C. Post Test
Buat bentuk untuk menunjukan opesi himpunan berupa Union, Intersection, dan Subtraction.

Script Programnya :

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class PostTestM9 extends JFrame{
   
    public PostTestM9(){
        setTitle("BELAJAR GRAFIS");
        setSize(800,700);
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
       
    }
    @Override
    public void paint(Graphics g){
        g.setColor(Color.GRAY);
        g.fillOval(100, 80, 150, 150);
        g.setColor(Color.GRAY);
        g.fillOval(200, 80, 150, 150);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 80, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 80, 149, 149);
       
        g.setColor(Color.GRAY);
        g.fillOval(100, 280, 150, 150);
        g.setColor(Color.GRAY);
        g.fillOval(200, 280, 150, 150);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 280, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 280, 149, 149);
        g.setColor(Color.white);
        g.fillOval(200, 300, 50, 110);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 300, 49, 109);
       
        g.setColor(Color.GRAY);
        g.fillOval(100, 480, 150, 150);
        g.setColor(Color.white);
        g.fillOval(200, 480, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 480, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 480, 149, 149);
    }
    public static void main(String[] args) {
        PostTestM9 PostTestM9 = new PostTestM9();
    }
}

Hasil Running




BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Jadi di java grafis ini kita bisa membuat aneka bentuk program grafis seperti games, aplkiasi grafis, animasi dan lain-lain. Banyak sekali kegunaannya dan cukup membantu untuk orang yang membutuhkannya.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 2 Download file laporan moul 1-6 dibawah : DOWNLOAD DISINI @AgusIhsanMD