Minggu, 28 Oktober 2018

Pengenalan Java

LAPORAN BP 1

("Makalah Java , Netbeans , Setting Path")






Di susun Oleh :


Nama                   : Agus Ihsan Mochammad Dahlan
NIM                     : 20170910062
Kelas                    : SI 2017 A


FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017

Jalan Cut Nyak Dhien No 36 A. Kel. Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia






Kata Pengantar

Alhamdulillah , puji syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT. atas rahmatnya lah saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
saya menyadari bahwa makalah ini memang belum mencapai kesempurnaan, masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus di perbaiki. untuk itu saya sebagai penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar dapat memperbaiki dalam penulisan makalah yang saya buat selanjutnya. akhirnya saya sebagai penyusun berharap, semoga makalah yang saya buat dapat menambah wawasan kepada saya pada khususnya dan kepada para pembaca.





Kuningan, 29 Oktober 2018    

   Agus Ihsan M.D                








Daftar Isi
Kata Pengantar......................................................................................1
Daftar Isi ............................................................................................. 1
BAB I PENDAHULUAN ................................................................... 2
A. LATAR BELAKANG .................................................................... 3
B. RUMUSAN MASALAH ............................................................... 4
C. TUJUAN ........................................................................................ 5
BAB II PEMBAHASAN .................................................................... 6
A. JAVA ............................................................................................... 7
1.Sejarah dan pengertian java............................................................... 9
2. Karakterikstik Java ......................................................................... 10
3. Contoh Program Java ..................................................................... 11
B. NETBEANS .................................................................................. 12
1. Pengertian Netbeans ....................................................................... 13
2. Sejarah Netbeans ............................................................................ 14
C. PATH .............................................................................................. 15
1. Setting PATH .................................................................................. 16




BAB I 
PENDAHULAN

A. LATAR BELAKANG

Dalam kesempatan ini akan membahas bahasa pemrograman java, sebagai sebuah peralatan pembuat software yang telah teruji dan produknya paling banyak berkembanga dan beredar dimasa sekarang. Mengapa penting kita belajar java?
Standarisasi yang dilakukan dalam membuat suatu bahasa pemrograman yang mampu berjalan diberbagai platform atau platform independence. Salah satu teknologi Java adalah “write once run everywhere”, dan ini menjadi suatu kekuatan yang dimiliki Java. Java dijalankan pada sistem operasi apapun tanpa perlu kompilasi ulang. Untuk komunikasi bergerak, Sun Microsystem mengenalkan Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan bagian teknologi Java yang digunakan untuk aplikasi Java yang berjalan pada perangkat mobile device dan teknologi aplikasi wireless. J2ME atau Java 2 Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel/ smartphone, mulai dari aplikasi yang berupa permainan, editing, komunikasi sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar. Keberadaan J2ME digunakan sebagai pusat pengembang untuk aneka teknologi java untuk device micro diantaranya adalah Personal Java, Java Card, MIDP, dlL.
Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Pertama kali di release tahun 1991 dengan nama kode Oak yang kemudian pada tahun 1995 berganti menjadi Java. Visi Java adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap platform (platform independent). Java dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Dan hal inilah yang sedang berkembanga pesat dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam hal pemrograman untuk teknologi ponsel smartphone.

B. RUMUSAN MASALAH

Rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah mengenai java sebagai bahasa pemrograman lebih detailnya adalah mengenai:
1. Bagaimanakah sejarah lahir Java?
2. Apa saja karakteristik java?
3. Bagaimana cara instal JDK?
4. Bagaimana cara setting Path?

C. TUJUAN

Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah ;
a. Sebagai syarat untuk menyelesaikan Tugas BP1
b. Dapat memahami , mengerti dan mendalami tentang teknologi java
c. dapat mengetahui karakteristik bahasa java
d. Dapat mengetahui cara instalasi, compile dan run file java di netbeans atau        cmd





BAB II
PEMBAHASAN
A. Java

1.  Sejarah dan Pengertian Java
bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. para pemrogram java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface(API). kelas-kelas ini diorganisasikan menjadi sekelompok yang disebut paket (Package). pada java program javac untuk menkompilasi file kode sumber java menjadi kelas kelas bytecode. file kode sumber mempunyai ekstensi *.java. kompilator javac menghasilkan file bytecode kelas dengan ekstensi *.class. interpreter merupakan modul utama sistem java yang digunakan aplikasi java dan menjalankan program bytecode java.
Java adalah bahasa pemrograman yang beroe=rientasi objek(OOP). java diciptakan oleh james gosling, developer dari sun microsystem pada tahun 1991. perkembangan java tidak hanya terpokus pada satu sistem operasi. tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersipat open source. sebagai bahasa pemrograman yang berorientasi objek java menggunakan kelas untuk membentuk suatu objek. bahasa pemrograman java pertama lahir dari green project, yang berjalan selama 18 bulan dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. projek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan oak.

2. Karakteristik Java
a. Sederhana (Simple)
       bahasa pemrograman java menggunakan sintaks mirip dengan c++ namun sintaks pada java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multipleinheritance.
java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory gerbage collection.
b. Beorientasi Objek
      java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara moduler dan dapat dipergunakan kembali. pemrograman beorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
c. Terdistribusi
    java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya liberaries networking yang terintegrasi pada java.
d. Interpreted
   program java dijalakan menggunakan interpreter yaitu java virtual machine (JVM). hal ini menyebabkan source code java yang telah dikompilasi menjadi java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
e. Robust
   java mempunyai reliabilitas yang tinggi. compiler pada java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.
f. Source
    sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sisstem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
g. Architecture Neutral
    program java merupakan platform independent. program cukup mempunyai satu buah versie yang dapat dijalankan pada platform berbeda dengan java virtual machine.
h. Portable
    source code maupun program java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus di kompilasi ulang.
i. Perpormance
    performance pada java sering dikatakan kurang tinggi. namun performance java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi java lain seperti buatan inprise, Micosoft ataupun Systemantec yang menggunkan just in time compilers(JIT).
j. Multithreaded
    java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
k. Dynamic
   java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.

3. Contoh program java (Latihan / Post Test)
Buatlah project baru yang didalamnya terdapat 2 buah java class yang digunakan untuk menampilkan biodata anda yang terdiri dari NIM, Nama, Alamat, Email dan No HP. Buat tampilan di console dan JOptionPane

Jawab     :

  • Console



  • JOptionPane
    Program     :



    Input     :




 

 Result/Hasil     :



B.Netbeans
1. Pengertian Netbeans
     Netbeans adalah suatu aplikasi Integrated Development Environtment(IDE) yang berbasis java dari Sun Microsystems yang berjalan diatas swing. swing merpakan sebuah teknologi java untuk pengmbangan aplikasi desktop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows,linux,Mac OS X dan Solaris. sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan kedalam satu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI) suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
Netbeans juga dapat digunakan untuk menulis, mengkompile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahsa pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat profesional dekstop. netbeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk pokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi. fitur-fitur yang terdapat dalam netbeans anatara lain:
a. Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method
b. Go to commands : fitur yang diggunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source kode atau file yang ada pada project yang sama
c. Code generator : jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method yang lainnya.
d. Error stripe : fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi higlight merah.
2. Sejarah Netbeans
 Netbeans dimulai pada tahun 1996 sebagai Xelfi (kata bermain pada delphi), Java IDE proyek mahasiswa dibawah bimbingan fakultas Matematika da fisika di charles university di praha. pada tahun 1997 stanek romawi membentuk perusahaan sekitar proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh sun microsystems pada tahun 1999. komunits netbeans sejak saat itu terus tumbuh , berkat individu dan perusahaan yang menggunakan dan berkontribusi dalam proyek ini.
Netbeans IDE 6.0 memperkenalkan dukungan untuk mengembangkan modul IDE dan aplikasi klien kaya berdasarkan platform. Netbeans, java swing GUI builder (sebelumnya dikenal sebagai "proyek matisse"), selain itu Netbeans enterprise pack mendukung pengembangan aplikasi java EE 5 perusahaan, termasuk SOA alat desain visual, skema XML tools, web orkestrasi layanan (untuk BPEL), dan UML modeling. the netbeans IDE bundle for C/C++ supports C/C++ development. the netbeans IDE bundle untuk C/C++ mendukungC/C++pembangunan.

C. PATH
1. Setting Path
setelah menginstal JDK kemudian kita harus mensetting atau mengkonfigurasi path di windows agar program java yang sudah terinstal bisa berjalan dengan baik. lalu bagaimana untuk setting path JDK di windows kita? ikuti langkah-langkanya berikut ini :
Caranya:
Klik icon pencarian pada taskbar windows lalu cari dengan keyword “system” maka akan muncul hasil pencarian seperti gambar berikut ini. Lalu pilih System seperti yang sudah diberi tanda merah


Maka akan muncul tampilan berikut ini.. Lalu pilih Advanced System Setting.


Klik Environment Variables


Klik New pada system variables


Pada Variable Name isi dengan JAVA_HOME
Pada Variable Value isi dengan direktori installasi jdk tadi. Klik Browse Directory lalu cari tempat installasi jdk tadi lalu klik OK.

JAVA_HOME sudah dibuat lalu sorot variable Path yang berada dibawah JAVA_HOME seperti pada gambar berikut, setelah itu klik menu Edit.

Ketika menu edit terbuka, akan muncul jendela Edit environment variable berikut, lalu klik tombol New yang berada di pojok kanan atas.

lalu copy direktori bin pada installasi JDK tadi.
Dan paste pada kolom ketika klik New tadi.

UNTUK LEBIH JELAS VISIT DAN SUBSCRIBE MY YOUTUBE CHANNEL :
<<<<======= Agus Mayhazan ========>>>>


BAB III 
PENUTUP

1. kesimpulan
dari beberapa bahasan mengenai bahasa pemrograman java diatas , maka dapat saya simpulkan bahwa java merupakan suatu teknologi dimana teknologi tersebut mencakup java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri. java juga mencakup platform yaitu dimana teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang di tulis dengan bahasa pemrograman java. james gosling selaku pencipta dan penemu bahasa pemrograman yang lahir pada 19 mei 1956 dari tiga bersaudara di dekat calgary,canada.
2. saran
dalam pembuatan makalah ini , saya merasa ada banyak kekurangan baik itu dari segi penulisan, tata letak penyajian maupun kosa kata yang mungkin agak kurang profesional. untuk itu bagi yang membaca makalah saya ini, bilaman anda menemui kejanggalan , kekurangan atau sesuatu hal yang kurang pas saya mohon memberi saran atau masukan.


Daftar Pustaka
http://fahrun-it.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-netbeans.html
https://www.tutorialpedia.net/cara-install-java-di-windows-10-dan-linux/
http://mutianb.blogspot.co.id/2013/10/makalah-bahasa-pemrograman-java.html
http://elsakartika10.blogspot.com/2017/11/makalah-singkat-javanetbeans-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 2 Download file laporan moul 1-6 dibawah : DOWNLOAD DISINI @AgusIhsanMD